Kamis, 14 Februari 2008

[Liputan kuliner ]Lumpur yang mak nyoss





[Liputan kuliner ]Lumpur yang mak nyoss

Memang banyak sekali hidangan / kuliner yang tersaji di kota pahlawan ini, salh satunya adalah kue Lumpur. Ini adalah jajanan pasar yang kerap kita jumpai di sekitar kita, orang biasa menyebutnya jajanan pasar.

Di pusat kota tak jauh dari paar juga, tepatnya pasar keputran mungkin tak banyak orang yang tau darimana asal kue/ jajanan ini dibuat . yang kita tau terkadang ketika kue itu sudah terhidang di warung, atau pasar. Pasar keputan memang pasar sayur yang sudah terkenal sekali namun dibalik fenomena ini ada sisi lain disamping penjual sayur , yaitu penjual kue Lumpur. Ketika kita melintas di sekitar jalan urip sumoharjo arah basuki rachmad perjalanan saya kali ini ke tempat pusat jajanan di Jl. Keputran panjunan I / 66.

Memang berbeda dengan kebanyakan tempat lainnya ,begitu kita memasuki tempat ini memang. Kurang lebih 200 meter perjalanan untuk menuju ke tempat pembuatan kue Lumpur, sepanjang jalan ini memang kerap kali dijumpai warga yang menggelar barang dagangannya di depan teras rumah mereka yang mungkin boleh dibilang tidak bisa dilewati roda empat. Kerasnya kehidupan dikota besar mungkin salah satunya pemicunya, ditambah lagi tingginya harga bahan kebutuhan pokok termasuk bahan yang dubutuhkan untuk mepbuat roti.

Kue Lumpur yohana rasanya sudah tidak asing lagi di telinga panjunan. ini terbukti sekali ketika saya salam masuk ke gang III ketika saya menanyakan ternya mereka tau & mengatakan tempat dimana lakasi saya masksud. Ibu 2 orang anak ini terlihat piawai sekali dalam mengolah adonan,.........bersambung (masih bebelum kelar ).....................>>>>>>>>>


Tidak ada komentar: