Rabu, 23 Januari 2008

[Liputan] Festival Seni Lintas Budaya Surabaya - Kochi JEPANG 2007







Festival Seni Lintas Budaya 2007
(a Cross Culture Fest 2007)


Tidak seperti hari biasanya , dimana hari ini juga bertepatan sekali dengan hari Anak Nasional . namun hari ini Minggu 22 JUli 2007 terlihat beda di pelataran balai kota Surabaya (taman Surya ).
Pemerintah kota Surabaya menggelar acara dalam rangka peringatan 10 th kota Surabaya – Kochi (jepang). Delegasi itu diantaranya dari Kochi-Jepang, delegasi Xiamen – China dan delegasi Busan – Korea. ini merupakan bagian dari bagian kebersamaan & persahabatan atarara kota Saurabaya & pemerintah kota Kochi jepang.
Festival yang dimeriahkan dengan serangkaian acara diantaranya : Kolaborasi Reog Ponorogo & Barongsai , Seni Tari Labas Samya , Seni Tari Yosakoi , Kramat Ensemble (percution Ethnic), Pencak Silat, Tari bunga Nusa, dan hadir juga delegasi dari Jepang, Korea & China
Tari Labasamya mungkin sangat asing bagi kita , tari ini digarap sebagai jawaban atas jawaban atas perlunya tarian khas Surabaya yang bernuansa kerakyatan, sederhana mudah dipelajari dalam waktu singkat oleh siapa saja.Labas adalah salah satu ragam gerak tari dalam bentuk berjalan yang menjadi cirri pada tarian tandhakan maupun ngremo . Samya berasal dari bahasa jawa yang berarti bersama.
Sosialisasi pertama th2004 pada festivas labasamya di tugu pahlawan diikuti oleh 95 grup, 1200 peraga . dan yang ke II th 2005 di halamn balai pemuda diikuti oleh 135 grup, 1570 peraga dan yang ke III tahun 2006 lalu di halaman kompleks SDN Kalisari jl. Gub. Suryo diikuti oleh 150 gup, 1800 peraga.
Begitu juga dengan tari Seni Tari Yosakoi merupakan salah satu tari yang sedang berkembang di kota Kochi – Jepang, dan merupakan bentuk festival tahunan, dan kali ini digelar di Surabaya yang merupakan kerjasama dengan “Sister City “ pemerintah Kochi- Jepangdan pemerintah kota Surabaya dibidang Budaya.
Tari BUnga Nusa dimaksudkan sebagai penggambaran tentang keanekaragaman budaya di Indonesia yang juga hidup menjadi bagian dari masyarakat kota Surabaya saat ini . yang merupakan gabungan dari komunitas tari : BTJT, Brang wertan, Cabdhik Ayu, Pandusiwi, SMA Trimurti, UKM Adi UPN Veteran.

Delegasi Jepang Diantaranya: Kudo Rie,, Ukoda Kayo, Tanikawi Aya, Komatsu Kana, Kotaoka Tomoko , Mitani Sachiko , Takeuchi sumiyo, Asaoka Hana, Sudo Masayo, Hayashi Chizuru, Yoshikawa Kyoko,

Sedangkan dari delegasi Koreadinataranya: Gi Tae Hong hong, Kim Tae Hun , Oh Soo Yeoun, Kim Ju Yeon , Kim Jin Young, Lee kyang Hyen , Yoon Eun Ha , Lee Hyun Ju Kang Mo Se, Lee chong Hue, Neo Tae Seong, Ryu Kwon Hong, Choi Eui Ok , Kim Yun Hoi, Kong Yang Hoon, dan Choi Seung Hyei

Dan delegasi China dintaranya adalah Ms. Zhang Ping, Ms. Zhuang Yanhong, Ms. Wu Xinhua.
Yang juga diadalan dalam acara ini beberapa perserta dari sekolah lembaga perkumpula Budoyo tari se Surabaya dengan Tim : SMP. Santo carolus , Rizky, Pandu Siwi, BIana TAri JAwa Timur, IMC Cetre Genesha , candiik Ayu, SMP negri 1 Surabaya, SAMTRIM, ITS language center, Ayomi Amindoni (UNAIR) , Mutiara Timur, JAsmin

Tidak ada komentar: