Rabu, 23 Januari 2008

[Liputan ] Hari Anak Nasional 22Juli “Jangan Hapus Keceriaan Anak Dengan Penggusuran”
















































“Jangan Hapus Keceriaan Anak Dengan Penggusuran”


Memang benar spanduk berukuran 1x6 meter membentang di dalam area pelataran kebun bibit Surabaya. Minggu 22 Jui 2007 kebun bibit yang merupakan taman flora milik pemkot itu terlihat ramai dipadati oleh anak. HARI ANAK NASIONAL yang diperingati serentak di seluruh kota di Indonesia, salah satunya di Surabaya – kebun bibit misalnya, paguyuban warga stren kali Surabaya menggelar acara perayaan Hari Anak Nasional. Lebih dari 200 anak bermain permainan ketangkasan, kerja team, dan juga kekompakan.
Dengan didampingi para tutor / pembimbing mereka bermain tiap kelompok 15 orang. Lagi – lagi juga keceriaan mereka sungguh luar biasa sekali. Setelah selama seminggu mereka disibukkan oleh aktivitas sekolah, PR dan tugas, mereka sekarang terlihat begitu senang berkumpul bersama. Permainan demi permainan mereka lakukan tanpa beban terlintas. Acara yang dijadwalkan mulai pk. 10 pagi ini terlihat berjalan lancar.
Mereka bukan saja datang dengan teman-temnnya disana , melainkan dengan anggota keluarga (bapak – ibu) mereka yang juga ikut mendampingi mereka. Kahadiran orang tua hanya mendampingi saja melihat dari jauh dan membiarkan anak mereka bebas bermain dengan temannya. Inilah perlunya pengawasan namun tetap memberikan kebabasan pada anak sehingga anak bisa berkembang.
Lomba lari tiarap dibawah rajutan tali temali ala tentara ini adalah permainan pertama, baik laki-laki maupun perempuan melakukannya semua. Begitu juga permaina menyusun puzzle, hingga permainan yang dengan air, yaitu mengisi sebuah pipa yang di beberapa bagiannya sudah dilubangi dimana didalamnya dimasuki bola dimana tugas mereka mengisi pipa tsb hingga penuh dan tiap kelompok diberi 6-8 orang / kelompoknya mereka terlihat cekatan mendengarkan perintah dari kakak pembimbing, dan mereka langsung bisa melakukannya.
Terlihat dari mereka dan kemampuan mereka mulai terasah, pipa yang seharusnya ditutup dengan jadi –jari mereka namun ada juga mereka berusaha melepaskan baju mereka , dan mengikatkannya di pipa berlubang tsb ….CCcccckkkk decak kagum terlintas di pikiran saya bayangkan mereka seperti kita pernah lihat film Macgiver si ahli fisika yang pandai mencari akal. Bisa berfikir seperti itu ….lepas dari pemikiran mereka bertindak curang atau tidak.
Dengan cerianya meski air mengguyur baju mereka , lupur megotori mereka terlihat dari senyuman mereka nampak begitu gembira.
Mereka tampak enjoy dengan permainan mereka dengan team mereka , basah kuyub bukanlah masalah, menang kalah juga rupanya bukan masalah terpenting bagi mereka, karena baik team yang menang / kalah akan memperoleh hadiah yang sama. Memang ini yang sudah direncanakan oleh panitia paguyuban stren kali Surabaya pagi itu.
Bahkan bukan saja mereka yang senang dengan permainan mereka bahkan salah seorang fotografer salah satu media pun berusaha mendapatkan angle yang bagus hingga harus naik ke atas pohon yang tak jauh dari permainan isi pipa tersebut. Hehehehee……heheh
Memang mungkin ini yang mungkin bisa kita lihat bersama akan keceriaan anak Indonesia semoga keceriaan ini bisa terus terjaga sampai anak cucu kita nanti . SELAMAT HARI ANAK NASIONAL 22 JULI 2007.
Photo & text by Editor :
Y_ Zukamotto


link :http://wiwid2005.multiply.com/photos/album/44

Tidak ada komentar: